Musim panas di Australia bisa jadi menyenangkan, tentu saja dengan persiapan sedikit buat jaga-jaga, terutama dengan suhu bisa mencapai 40°C dan menjelang sore/malam bisa turun sampai 20°C-an.

Persiapan ku mudah:

  1. Bawa botol air minum lipat yang bisa diisi air es
  2. Bawa pelembab dengan kandungan Aloe vera atau sejenisnya
  3. Bawa obat-obatan penting
  4. Pakai topi/bawa payung
  5. Bawa jaket ringan dengan kantung dalam
  6. Bawa syal

Sekarang merencanakan perjalan itu sendiri. Tentunya perlu mencari tahu kota dan negara tujuan menariknya apa sih. Biasanya aku mencari yang ada sejarah, kultur/budaya, dan arsitektur atau keindahan alam yang bisa di foto, terus mencicipi makanan dan minuman setempat.

Tempat wisata di Adelaide

Adelaide Botanical Gardens (1)

Menghindar sedikit dari udara panas, bisa juga mengunjungi Adelaide Botanic Gardens. Pertama karena tertarik dengan rumah kacanya.

Palm House

palm_house_-_botanic_gardens_adelaide
Foto dari Wikipedia

Rumah kaca ini cantik sekali dengan gaya eropa, dirancang oleh Gustav Runge, seorang arsitek Jerman. Rumah kaca ini menarik sekali untuk difoto dengan kaca-kaca warna-warni. Pilihan tanamannya juga banyak dari Madagaskar, Afrika.

Santos Museum of Economic Botany

Selain arsitekturnya bergaya Yunani, sekarang menjadi museum tentang tanaman. Selain belajar, juga menarik untuk difoto pakai macro lens.

Video dari Botanic Garden of South Australia

Tandanya National Aboriginal Cultural Institute (2)

Termasuk institusi suku Aborigin tertua di Australia. Tandanya yang berarti “Place of the Red Kangaroo” (Tempatnya Kanguru Merah) untuk menhormati dan menjaga adat istiadat suku asli Australia ini. Selain museum, juga kadang-kadang ada eksebisi visual art dengan mix media. Kemungkinan harus hati-hati dengan dompet, buat yang suka belanja barang-barang etnis seperti diriku.

Video dari Tandanya

Rundle Street (3)

Berjalan-jalan di jalan Rundle seperti berjalan-jalan di kota tua. Gedung-gedungnya sudah ada dari tahun 30an dan 70an. Banyak restauran dan kafe menarik untuk mencoba kuliner Australia, terutama dari Australia Selatan. Ketertarikan juga karena arsitekturnya seperti Beehive Corner, Rundle Mall, Austral Pub & Hotel dan Rundle Arcade yang katanya *ahem* berhantu. Untuk nyicipin Haigh’s Chocolates, hantu tidak masalah~~~ chocolate ini juga ada sejarahnya, Haigh’s Chocolates adalah salah satu produser coklat tertua di Australia. Katanya enak dan lembut. Hm~~ mikir-mikir mungkin juga menarik berkunjung ke pabriknya sekalian di Greenhill Rd.

rundle_mall_adelaide
Foto dari Wikipedia
Screen Shot 2016-11-07 at 11.07.23 PM.png
Foto dari Haigh’s Chocolate

National Wine Centre & Wine Grape Growers Australia (4)

Kalau sempat ingin ke Barossa Valley atau Clare Valley, setelah itu mengunjungi National Wine Centre. Adelaide sebagai kota ditengah-tengah daerah-daerah penghasil wine, tentu saja perlu mencicipi berbagai jenis wine Australia, waktu minum sembari belajar membedakan jenis-jenisnya dikelas yang disediakan.

Foto dari Getty Image

Adelaide Hills: Hahndorf (5)

Selain mencari makan dan pemandangan indah, Mount Lofty akan menarik untuk berfoto-foto. Tapi tujuan utamanya ke desa Jerman yang menarik dan unyu, Hahndorf, sekitar 20 menit dari pusat kota Adelaide. Arsitektur gaya lama, sosis Jerman (!), minum bir/wine (Adelaide Hills juga terkenal dengan kebun anggurnya), naik kereta kuda, beli pernak pernik (!!) atau memetik buah-buahan segar.

Foto dari Getty Image

Cleland Wild Life (6)

Tur sore kemalam akan menarik untuk melihat Koala di Cleland Wildlife Park. Mereka lucu sekali! Ada juga kanguru dan tasmanian devil. Selain bisa memberi makan (tentunya dibawah pengawasan penjaga hutan), juga bisa foto-foto dengan koala.

Video dari Cleland Wildlife Park

Wild at Heart Sunday Market (7)

Makanan dan minuman (organik) lokal yang diproduksi lokal dan peternakan/perkebunan sekitar Adelaide. Satu jalan ditutup untuk Wild at Heart Sunday Market yang diorganisir oleh Steph Taylor.

Foto dari Wild at Heart Sunday Market Instagram

Transportasi di Adelaide

Untuk keliling ditempat-tempat diatas, ada kartu MetroCard dari Adelaide Metro dan dapat digunakan untuk bis, metro, kereta atau tram.

Kulinari di Adelaide

Haigh’s Chocolate

Selain di Rundle street juga di Greenhill Rd, sekalian tur ke pabriknya.

d_3_boxes_crop_1
Foto dari Haigh’s Chocolate

Bread & Bone Wood Grill

Burger Australia dengan Australian Beef + wine. Unf. #nomnomnom

13908977_2079888598902412_7793387311938556332_o
Foto dari Bread & Bone Wood Grill

Mencoba wine di National Wine Centre atau Kebun Anggur di Barrossa Valley

Untung National Wine Centre memiliki seleksi wine dari berbagai macam wine di Australia, jadi bisa tes wine sebelum beli sebotol buat oleh-oleh. Kalau sempat ke Barossa Valley mencoba Kebun Anggur di Barrossa Valley sekalian makanannya dicocokkan dengan wine.

static1-squarespace
Foto dari Barrossa Valley

Kue Pavlova

Kue ini terkenal di Australia dan konon namanya diambil dari penari Anna Pavlova karena teknik Anna yang ringan seperti udara, kue Pavlova yang lembut kalau dimakan seperti ringanya udara karena menriguenya. Kalau sempat ingin singgah ke Adelaide Central Market’s Providor atau Sweedish Tarts di Henley Beach. Buah dan krimnya segar-segar ya.

mixed-berries-1470230_1280
Foto dari Pixelbay

Cheese Fondue Udderdelights.

Keju dan susu dari Australia juga termasuk hmmmm. Sekalian sambil ke Hahndorf, nyobain bikin keju dan makan keju di Udderdelights.

fondue-cross-sticks
Foto dari Udderdelights

Kulinari segar di Cafe Assiette

Kalau sampai kelewat Sunday Market di kota, masih di Hahndorf, yang aku incar sih roti, salad dan salmon, kue dan kopi. Mungkin juga beli jus untuk dibawa sembari jalan-jalan.

10960078_352261761642624_2665700809741424250_o
Foto dari Cafe Assiette

Kuliner Australia juga ada macam-macam, terkenal dengan daging Kanguru juga. Aku ndak ah. Kasihan kangurunya.

Rencanain perjalanan dari Jakarta ke Adelaide

H.I.S mempunyai beberapa paket perjalanan Wisata ke Australia “H.I.S menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata kamu.” Dengan H.I.S travel bisa cek penerbangan, hotel dan rental mobil. Jaman begini lebih mudah kalau ada yang urusin visa, passport dan tiket.

Untuk lebih detilnya bisa cek halaman utama H.I.S travel atau langsung ke Wisata ke Australia untuk melihat paket-paketnya. Mau nanya-nanya soal paket Wisata ke Australia? Bisa langsung colek Facebook H.I.S

Tulisan ini diikut sertakan dalam Enjoy Your Summer in Australiadengan H.I.S dan Kawaii Beauty Japan. Untuk ikutan kontesnya, silahkan klik di sini:

Google Map di Adelaide

screen-shot-2016-11-08-at-2-43-14-amscreen-shot-2016-11-08-at-2-43-44-am

Sumber artikel: Adelaide Botanic GardensTandanyaHaigh’s ChocolateNational Wine CentreCleland Wildlife ParkWild at Heart Sunday MarketWisata ke AustraliaH.I.S travel